Penggunaan Model Regresi Tobit untuk Menganalisa Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen untuk Jasa Pengangkutan Barang

oleh : Imelda Yuliana Suhardi & Richard Llewelyn

ABSTRAK
Penelitian ini membandingkan hasil regresi OLS dan Tobit untuk menganalisa pengaruh dari variabel umur, tingkat pendidikan, serta jenis barang terhadap kepuasan konsumen untuk jasa pengangkutan barang di perusahaan PT Antar Nusa yang mengangkut barang antara Surabaya dan pulau Sumbawa dengan kapal laut.
Jika metode OLS digunakan dengan data yang terbatas, yaitu jika nilai dari variabel tidak bebas (kepuasan pelanggan) dibatasi, maka hasil regresi akan menjadi bias dan tidak konsisten. Oleh karena itu, metode Tobit dapat digunakan supaya hasil menjadi lebih baik dan berguna. Berdasarkan hasil OLS dalam analisa ini, tidak ada variabel yang berpengaruh secara signfikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini membuktikan kelemahan metode OLS untuk data yang terbatas. Menurut hasil dari metode Tobit, ada dua variabel yang signifikan, yaitu umur dan jenis barang. Umur berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sedangkan untuk jenis barang, pelanggan yang mengirim barang usaha atau barang dagangan
ternyata kurang puas dibandingkan orang yang mengirim barang pribadi. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada para peneliti, bahwa jika data untuk variabel tidak bebas menjadi terbatas, sebaiknya metode Tobit digunakan supaya hasil menjadi benar, konsisten dan tidak bias.


Kata kunci: ordinary least squares (OLS), Tobit, variable tidak bebas terbatas .

Download

Satu Tanggapan to “Penggunaan Model Regresi Tobit untuk Menganalisa Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen untuk Jasa Pengangkutan Barang”

  1. regresi tobit

Tinggalkan Pesan anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: